Tuesday, December 22, 2009

Menganalisa Anak Muda Bali (sekilas)

Hehehehe.. niy sempet q buat untuk keperluan ngasi info berdasarkan pertanyaan Mb' G, padaku ttg event yg bisa datangain anak muda di Bali (Dps) yg banyak... iseng2 aku analisa kasaran dulu.. beberapa rekomendasi even-nya q godok barng si kd.. 

Youth Event Analitic

- Study Case:
“Event yang bisa mendatangkan massa anak-anak sekolahan (SMP - SMU atau sederajat di Bali, terutama di Denpasar)”

- Challenge:
*  Sulitnya menarik atau mendatangkan ‘mereka’ (target massa) untuk tertarik datang
*  Membuat event yang ‘mereka’ inginkan & butuhkan (want & need)
*  Sikap cuek (tak terlalu ambil peduli) serta menutup diri

Budaya anak muda di Bali yang sedikit berbeda dengan daerah lainnya terutama di Jawa, membutuhkan analisa tersendiri untuk ‘mendekati’ dan ‘memberikan’ yang benar-benar mereka inginkan serta yang mereka butuhkan.
Yang mereka butuhkan (yang dinilai baik untuk perkembangan anak muda), belum tentu langsung mendapat respon positif serta partisipasi antusias dari mereka.

Pendekatan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan respon positif serta partisipasi antusias dari mereka diantaranya yaitu:

* dengan’ memberi’ dan/atau ‘membuat’ sesuatu yang membuat mereka merasa bahwa hal tersebut berasal dari ‘keinginan mereka sendiri’ ; 

* sesuatu tersebut telah mendapat sambutan dan dukungan dari komunitas (lingkungan masyarakat/teman-teman mereka) ;

* sesuatu tersebut tumbuh dan berkembang diantara mereka ;

* sesuatu tersebut berasal dari seruan atau rekomendasi figure yang berpengaruh (ikon anak muda, sosok yang menjadi panutan… bisa berasal dari kalangan anak muda itu sendiri, maupun seseorang yang mengikat mereka dalam suatu kelompok/instansi, misalnya: kepala sekolah, Pembina, ketua STT Banjar, pemerintah daerah dll) ;

* sesuatu tersebut memberikan nilai/value langsung secara material (bisa uang atau barang yang menarik) – cash back ;

* sesuatu tersebut mengakomodir atau memfasilitasi kepentingan mereka, menjadi suatu medium yang mengakomodir ekistensi diri/komunitas

* Fun - Hiburan

- Recommended Solution:
 Bekerjasama dengan pihak sekolah masing-masing. Sekolah mewajibkan ataupun mengirimkan utusan/perwakilan siswanya untuk datang (turut serta dalam event) – Dalam hal ini, sekolah langsung menunjuk siswa-siswinya untuk berpartisipasi

 Membuat event yang mendapat dukungan partisipasi dari sekolah (bidang akademis, budaya, pengetahuan KesPro, olahraga, organisasi dll) – Dalam hal ini, sekolah hanya sebagai pihak yang memberi jalan (recommended) kepada siswa-siswinya

 Membuat event yang menggandeng instansi atau institusi yang berpengaruh, misalnya: pemerintah daerah (walikota) atau lembaga-lembaganya (dinas pendidikan, dinas kebudayaan & sejenisnya), Yayasan Pendidikan Negeri maupun Swasta (Unud, Universitas2 swasta, sekolah2 dan sejenisnya)

 Membuat event yang menggugah eksistensi diri/komunal mereka. Misalnya: event lomba antar sekolah atau antar komunitas, event perform (creativity show) yang mengundang penampilan wakil-wakil sekolah/komunitas


- Recommended event:

o EVENT AKADEMIS

 Mind Mapping for Student
Workshop/seminar MindMapping untuk mengetahui pola belajar yang sesuai untuk diri sendiri, mengetahui karakter diri & impact-nya untuk memilih jenjang pendidikan selanjutnya serta karir/profesi yang sesuai, etc.

 Festival Pendidikan
- Bazaar info-info institusi pendidikan
- Konsultasi mengenai pendidikan lanjutan (di Bali, di luar Bali & di luar negeri),
- Trial test untuk mengukur potensi diri & placement test
- Hiburan music, screening movie atau presentasi profile sekolah-sekolah
- Info-info beasiswa sekaligus how & where to get it
- Talkshow disertai sharing & testimony dari siswa-siswi yang telah menempuh pendidikan lanjutan (di Bali, di luar Bali & di luar negeri), etc.


o CULTURE EVENT
 Lomba Tari Kreasi
Lomba tarian tradisional daerah Bali yang dikembangkan dan dimodifikasi atau dikreasikan menjadi bentukan baru. Lomba menyasar antar sekolah atau kampus sehingga memacu mereka untuk bersaing sehat membela nama baik sekolah atau kampus.
 Lomba Fashion kebaya & Kebaya Design Competition (Kreasi Busana Adat Bali)
 Lomba Bleganjur


o YOUTH PROBLEMATIC
 Information ‘bout KESPRO (Kesehatan Reproduksi)
- Seminar (Sharing & diskusi) mengenai seluk beluk kesehatan reproduksi
- Konsultasi personal mengenai kesehatan reproduksi
- Check up kesehatan repoduksi
- Fun games /team building games yang berkenaan dengan kesehatan reproduksi
- Entertain (music, short movie yang berkaitan dengan pengetahuan kespro, dramatisasi/teaterikal show etc.)

 The Day of Love (Suatu festival all about love & Pacaran. Masalah percintaan selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas)
Booths Festival:
- Booths konsultasi psikologi percintaan/pacaran,
- Booths ramalan cinta
- Booths merchandise memorabilia (T-shirt kembar, syal pasangan, bunga, coklat)
- Booths game yang mengukur kadar cinta & mengeskpresikan perasaan
- Booths couple photo (hasilnya bisa dicetak di T-Shirt, mug, keramik dinding, pin, photo frame, boneka etc)
- Opportunity Knock Board (papan biro jodoh)
Full Entertain:
- Bike for Love (untuk opening ceremony, berupa sepeda santai & romantis bersama pasangan)
- Couple Games/Competition (games antar pasangan, mengenal karakter diri sendiri & karakter pasangan,seberapa jauh kah mengetahui pasangan, mempererat hubungan, menemukan kecocokan/keserasian dengan pasangan)
- Movie Screening, nonton bisa dari atas kendaraan (combine with other entertain, such as: music, dance, etc)
- Bazaar makanan special set up & special menu for couple
- Karaoke Couple Box (box berkaraoke bersama pasangan)
- Mojok pacaran (couple chair atau standing mini table)
- VandaLoveme (Dinding cinta yang bisa dicoret atau ditulis kata-kata cinta)
- Katakan Cinta (Surat cinta, SMS cinta, MMS cinta, rekaman suara, rekaman video, visual gambar/foto, Love Act…. Menembak atau menyatakan cinta dengan cara yang unik & kreatif kepada target pasangan, ada hadiahnya)
- Lomba/pameran Fotografi (tema: Cinta Lintas Generasi, ………..)
- Photography & Video Capture On The Spot (lomba foto & rekaman video yang menangkap moment unik & lucu orang-orang yang sedng pacaran)
- Taman Bermain mini (ayunan, mangkok berputar, carousel, timbangan)


o CREATIVITY EVENT
 Urban Culture Festive (Hip Hop, break dance, rapper, street ball, graffiti, sneaker, BMX, Distro fashion)
Competition, Bazaar, Perform/ShowUp, Workshop/ShortClass, Pameran karya

 Kompetisi Radio Program Unggulan
Peserta lomba membuat contoh rekaman program yang dikemas semenarik mungkin dengan gaya anak muda. Program siaran tersebut merupakan program siaran dokumenter yang memuat narasi penyiar, interview langung dengan narasumber serta memiliki alur cerita yang menarik. Tema program radio bebas dan merupakan kejadian atau permasalahan nyata yang terjadi diseputaran kehidupan anak muda.

 Seminar & Workshop – Seluk Beluk Membuat Radio Komunitas
Objective seminar & workshop: bagaimana membuat radio komunitas? Bagaimana membuat program siaran yang tepat sasaran & tujuan? Bagaimana membentuk team produksi & team penyiar untuk radio komunitas? Bagaimana membuat ijin penyiaran radio komunitas dan apa saja ketentuan-ketentuannya? Tips-tips mengembangkan radio komunitas (memperluas segmentasi komunitas)

 Lomba Membuat Poster Event

 Event Buzz - Competition (Lomba strategi mempromosikan event)

No comments: