Monday, December 14, 2009

FFE & CC

Meski sempat menjadi polemik intern, gak hanya dengan mentor2 ku d abc, tapi juga dgn team yg sujatinya adalah pic d pelem yc.. kerjasama yc af tetap berjalan. Kontrak sudah disetujui untuk dua event. hffff.. untung aja cuma dua event, aq emang "ceroboh", gk pikir panjang... kalo ampe terjadi seperti kontrak semula yang selama 6 bulan, waduh badanku bisa abis diganyang pihak2 'tertentu' niy.
Suka gak suka, dua event yc uda rampung. Aq cukup puas, secara kuantitatif banyak bertambah. Secara kualitas masih dibawah standar (maaf). Ternyata kapasitasku belon sebegitunya!

Acara pertama diselenggarakan selama dua hari, sabtu & minggu sore. Acara ini termasuk 'besar' (seharusnya!). Karena melibatkan negara2 d Eropa, men! festival film eropa, harunya sich ini standar internasional punya ya kan. Uda ada SOP tersistematis yang tinggal dijalankan, meski pelaksanaanya memakai sistem kebijakan lokal, dalam pemikiranku sudah ada standar kegiatan yang gak 'standar'2 bwanged kayak gini. Yach whatever lah!

Aq baru bisa merangkum penilaian kesuksesan secara subyektif diriku di yc untuk acara ini. Aq belon dapat komen menyentil dari org2 af. Yang pasti, kesuksesan yang dicapai dg di acra ini, berdasarkan jumlah penonton termasuk sukses besar. Karena konon katanya sich, acara tahun ini penontonya 2 ampe 3 kali lebih banyak dari tahun sebelumnya. he he he... cukup senang juga, karena ini tolok ukur krusial banget yang memberi bukti keberhasilan efekifitas publikasi & promosi, serta bukti 'kekuatan' yc adalah di masssa.

Kemudian, adanya sponsor... hmmm sebenernya ada or nggak nya sponsor ini gak bisa dibilang ukuran sukses, gak terlalu ngaruh banget sich! sponsor kecil & gak pentng2 banget perannya. tapi yaaa harus berbesar diri laaah. Ada 2 sponsor, satu dari Zeenemax yang memberikan free rental VCD/DVD sebanyak 20 voucher yang dibagi2kan kepada para penonton saat acara berlangsung. Dan yang kedua, adalah sponsor dari MIZAN, memberikan display buku untuk dijual dengan konsinyasi rabat sebesar 25% dari harga jual. Hix, cuma laku 2 biji, karena kasian aq jadi ikut beli 1...

Team... hmmm, masuk itungan sukses juga sich. Sayang aja masih kurang banget terorganize dg baik. Banyak team tapi kudu getok palu, ternyata emang bener.. peranan pemimpin or koordinator tuh penting bwanged! kudu ada yang secara naluriah jadi komadan lapangan, waah kudu nyetak orang2 beginian niy... untuk menjalankan sistem.

Sebenernya, masi need more preparation, termasuk siap2 another plan untuk menyingkapi berbagai kemungkinan2 spontan yang kira2 akan terjadi ketika acara berlangsung. Seperti meneliti electricity dengan lebih detil, sehingga dapat menghindari terjadinya pmutusan arus listrik beberapa kali yang dapat mengganggu kenyamanan penonton. Aq pribadi cukup geram dengan berkali-kali pemadaman listrik yang membuat pemutaran film nya putus nyambung gak jelas gitu! Katanya sih, karna arus listrik gak kuat, karena nambah AC besar, sedang AC di satu ruang kelas yang lalai dimatiin. Makanya tegangannya gak kuat. Huff sayang bwanged kudu terjadi lebih dari dua kali baru diketahui pnyebabnya.

Trus lagi, konsumsi yang isediakan cukup enak, cukup berkelas. Sayangnya, jumlahnya gak ukup mengakomodir semua penonton. Coba kalo desediakan juga cemilan murah meriah semisal kacang garing, popcorn dll. yang bisa dicemil2 oleh penonton dalam jumlah banyak. Meski saran itu, aq lempar semenjak hari pertama, tapi tetep aja gak digubris mpe hari keduanya ;-/.

Uda gitu, dihari pertama... huff padahal janjian jam 2 pm standby di af.. eeeh pada nongol hampir jam 3an.. apalagi tuan rumahnya yang malah datang hampir jam 3.30. Yak ampyun, festival besar kayak gini ya.. ketelatan mulai pemutarannya mpe satu jam an.. belon lagi break2 berkali-kali karena listrik mati. Semua jadi molor deh. Oke semua punya acara pribadi, please deh...!

Kemudian, dikerjasama kedua untuk pemutaran film, acara rutin af tiap jumat. Dalam benakku, ini acara keren bwanged... terutama karna konsistensi & film perancis coy..!!!!! Tapi, yak gitu deh... sempet kecewa dikit karna pas kerjasama ini tiba2 malah muterin film Indonesia, bagus sich.. tapi kan aq tertariknya karena suasana perancisnya itu lho! Untung kemudian ditambah opening film perancis animasi pendek, seneng deh ^^.
Tapi, gak tau ya ini plus minus sih... on time nya mereka itu lho.. bikin aq panik, abis mereka jadi jalan sendiri. Gak pake koordinasi. Bagus sich ketat di waktu, lah mbok yoo liat2 sikon napa... puter lagu2 dlu deh. Opening screen kek. Ajak ngobrol ramah tamah kek. apa kek buat nunggu 10 meniiiit aja.. biar agak lebih banyak yang nonton. Film pertama kan pendek banget, sayang aja sih. Ngerti, kudu mendidik biar on time! hff.. taruhan deh kalo mereka bisa konsisten terus seperti itu. Masalahnya, terkesan gak peduli ma team yc sih. Laah wong aq lagi jengkel coz tiba2 ada ide bikin kotak amal segala... aiiihh geram bwanged aq dengernya, tersinggung laah!! makanya, aq sedang menghimpun dukungan supaya ide itu digagalkan. eeeh ternyata kecolongan di start pmutaran. uuuh! simalakama!

Ternyata, setelah jalan beberapa menit... pnonton mulai berdatangan. Hingga mencapai sekitar 40 orang (yang tercatat). Kuantitas yang bisa ibilang sukses semenjak CC ini diselenggarakan (menurutku sih!). Meski tidak ada sponsor, namun acara Cine Club JERMAL ini disupport oleh In-Docs melalui MINIKINO untuk mendistribusikan DVD gratis sebanyak 20 buah kepada para penonton.
Basicly, tidak ada kendala teknis yang berarti terjadi selama acara berlangsung, hanya sempat turun hujan rintik sebentar yang membuat konsentrasi penonton sedikit buyar, namun antusias penonton tetap tinggi hingga film selesai. Hmm... aq gak mengikuti opening & closing speak, padahal ini juga gak kalah pentingnya.


Gk adanya job desc yang jelas, bikin overlaping tugas & tanggung jawab, meski kita2 pada dewasa & pernah handle event. Sistem or SOP menurutku penting bwanged dibuat, di event terkecil sekalipun. Ha ha ha ha... ma satu lagi, soal popcorn yang dibuat oleh tim yc, he he he he perlu lebih diperhatikan kualitasnya (lain kali lebih enak ^_^).
Persiapan kayaknya belum terlalu matang, makanya perlu banget ada SOP. Misalnya aja peletakkan tempat sampah yang mudah dijangkau penonton.. yang kecil2 kayak gini ini aja masih lalai diperhatiin.

Dan aq rasa niy harus ada orang yang incharge di meja registrasi sebagai usher (penerima tamu) sekaligus mengarakan penonton untuk mengisi daftar hadir (penting untuk database), mengarahkan ke venue acara, sekaligus menjamu penonton agar tercipta interaksi yang dapat membuat penonton jadi nyaman & loyal untuk datang lagi

Meski ini standart banget, tapi team harus lebih tanggap & inisiatif selama jalannya acara, terutama sudah harus siap & standby di posisi masing2 sebelum acara dimulai...
Oya, sewaktu closing (ending film) harusnya ada yang memulai untuk tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi terhadap film nya & panitia penyelenggara (^_^), sehingga penonton yang lain akan ikut bertepuk tangan juga.
Dan, ternyata menyapa tamu2/penonton untuk beramah tamah, membuat diskusi kecil2an yang hangat sekedar berinteraksi & menarik loyalitas penonton..... ini termasuk hal-hal kecil yang efeknya gede bwanged lho!
Sayang aq belon dapat balasan respon tanggapan ibu ketua af tentang kerjasama yc ini. iiih, sempat geram banget sih..!!!hehehe... ^^

No comments: