Thursday, December 03, 2009

Pemecah Masalah yang Efektif & Efisien

Problem Solving 101 – Buku Simple Untuk Orang-Orang Cerdas, yang ditulis oleh Ken Watanabe. Ada embel2 international bestseller yang dicetak disisi atas buku …. Embel2 ini yang menambah 10% penasaranku pada buku ini. Selain itu, aq jatuh cinta pada fisik buku secara keseluruhan, sampul & keseluruhan buku berwarna coklat muda yang grounded banget, kesan simple dan polos. Warna2 merah lembut, orange muda, dan abu2 yang jadi pewarna pembeda di beberapa ilustrasi yang disertakan dalam mempermudah pemahaman… gak bikin norak & mencolok mata. Kualitas kertas yang beda dari kertas2 yang biasa dipergunakan di buku2 lainnya, paling gak menyumbang 30% ketertarikan ku pada fisik buku ini. Gambar2 ilustrasi animasi yang sederhana… bagan2 yang tertata rapi & mudah dimengerti… tutur bahasa yang gak menggunakan istilah2 rumit… flow tulisan yang ngalir banget… semua itu masing2 kukasi nilai 5% yang nambah plus plus buku ini… aq jatuh cinta pada kali pertama ku disodorkan buku ini oleh Nr. Hahahaha…. ^_^

Meski demikian, itu belum cukup menggugahku untuk cepat-cepat melahap habis membaca isi buku. Meski uda 2 minggu lebih minjam buku ini, tapi baru 2 hari lalu aq intens membacanya sepotong demi sepotong. Dan pagi ini aku menghabiskan seotong lebih banyak dalam membacanya… menarik banget emang isinya. Isinya sih gak baru2 banget, aq sendiri uda tau teori2 ini, manfaat dan gimana prakteknya… bedanya adalah, qta tuh perlu banget disentil berkali-kali untuk diingetin pada hal-hal yang sebenernya qta uda tauuuu….. tapi gak ngeh & diaplikasiin. Huufff… menganalisa, membuat pohon logika dsb… semua itu apa aq gak tau?! Tapi gara2 buku ini aq seolah menggali pemahaman mengenai pengetahuan dan pengalaman yang sebelumnya uda q miliki, namun terpendam…. Penjelasan dalam buku ini, jadi pematik yang membuat api dengan bahan baker yang sebenarnya uda ada dalam diriku. Akkhhh orang2 adalah orang2 yang gak sadar kalo dia punya pengetahuan tapi disimpan rapi..!

Penjelasan awal buku ini mengarah pada pembagian beberapa jenis karakter anak (qta2). Ada tipe si Nona Pengeluh adalah orang2 yang pesimis. Gak maju2 untuk melakukan sesuatu karena terbebani oleh ketakutan & kekhawatiran yang tak masuk akal. Keluhan berulang2 pada kekurangan2, pada apa2 yang tak dimiliki. Bukannya menjadikan pengetahuan pada kekurangan & kelemahan itu sebagai alasan untuk mau berkembang & memperbaiki keadaan/diri, tapi malah membuatnya berhenti sampe disana.

Tuan Pengkritik yang segala hal selalu dicibir, baik itu benar maupun salah, kurang atau lebih selalu dikritisi dan dicari2 kesalahan & kekurangannya. Gak ada yang benar, gak ada yang beres. Apa2 yang ia kerjakan juga hanya jadi bahan cibiran, tukang pencari/pembuat alasan..!

Nona Pemimpi hidup dalam angan2 yang tak pernah jadi apapun. Keinginan yang besar tanpa diimbangi dengan tindakan nyata untuk mewujudkannya. Ingin ada kantong doraemon yang bisa nyediain banyak hal buat dia… hidupnya ada di awan2, namun tak pernah sedikit pun berajak dari posisinya untuk menuju ke awan tersebut.

Tuan Reaksi-Cepat, ini aq merasa lebih menunjukkan pada diri ku (keseringan ^_^). Selalu bertindak cepat & spontan. Analisa dan pemahaman terhadap suatu hal disisihkan. Akan cepat aus & buang2 energi karena tidak didahului oleh perencanaan & analisa yang matang sebelum memutuskan untuk bereaksi melakukan tindakan.

Anak Pemecah Masalah, biasanya akan mundur selangkah dulu untuk mencari akar permasalahan sebelum membuat kesimpulan pada tindakan yang akan dilakukan. Analisa kompleks ini mengacu pada problem solving yang tepat & spesifik, sehingga bisa mendapat result yang efektif, hasil yang lebih besar/bagus. Pemilihan yang akurat & hati2, proses pencarian data2 untuk dianalisa, hipotesa awal yang harus dicari pembuktiannya, pembuatan berbagai kemungkinan & alternatif2 yang masuk akal.. sampai ditik ini aku tertegun & teringat kalo yc masih berada diambang pencarian. Harus dilakuakn analisa mendalam, terarah & terukur untuk bisa membuat keputusan mengenai instrument yang tepat, efektif & efisian dalam membuat strategi plan nantinya. Hayooo semangat pagi…!!! ^_^

No comments: